Sebelum menjadi kita, aku dan kamu adalah dua buah tanda tanya yang berusaha mencari jawaban dengan ke-mengertian, sampai pada akhirnya kita lelah, menyerah dan berhenti di sebuah titik, untuk saling berpegangan agar bisa meneruskan perjalanan.

Tuesday, October 23, 2012

blog blog blog


Hallo, udah lama ya, enggak ngeposting blog ini. maaf gue agak sibuk mantengin tulisan gue yang harus di edit. Oh iya ngomong-ngomong soal blog, gue kemarin dapet email dari Adek kelas gue yang curhat soal gimana nulis blog. Dan ada juga seorang temen gue *sorry gak sebut nama* yang nanya soal itu.
gue bukan orang yang pinter nulis blog, ketauan kan dari jumlah followers gue yang bisa di itung pake jempol kaki.  Gue juga bukan pemenang kontes ngeblog tingkat kecamatan. Tapi, gue adalah orang yang doyan banget bacain blog orang. Selain kepo sama “siapa pribadi si penulis postingan?” gue juga suka karena blog itu bisa di baca gratisan. *aku cinta gratisan*
di bandingkan dengan harga buku, blog mungkin untuk sebagian mahasiswa kayak gue itu penting untuk menggali informasi. Gue suka ngebuka link-link yang ada di temlen gue, gak salah kalo twitter di ciptakan sebagai mikro blogging. Buktinya gue anteng banget guling-gulingan di temlen.
Oh iya untuk menulis sebuah postingan emang gak gampang. Kita harus menyalakan laptop, nungguin lampu modem sampe ijo (seabad kemudian baru ijo) lalu berantem dengan sinyal modem yang selalu ngajak ribut. Oke, itu gak penting, tapi emang nyebelin banget.
 Buat nulis blog , berikut ini adalah saran2 dari gue:
1. buatlah blog lo senyaman mungkin.
Yang terpikirkan oleh kita kalau denger tempat yang PW adalah kamar. Walaupun kamar udah kayak kapal pecah atau kapal tenggelem gak masalah kan, yang namanya kamar sendiri sejelek apapun kamar itu kita bebas ngelakuin apa aja di kamar (asal gak ngenganggu privacy orang). Blog juga gitu. Buat blog lo, nyaman seperti kamar lo, buat diri lo betah berlama-lama nongkrong di blog. Kayak desain templatenya, back groundnya, font hurufnya. Apapun, yang bisa bikin blog itu lebih menarik.
2. membuat postingan.

. Kadang blog yang sering gue singgahi adalah blog yang menarik perhatian gue, enggak Cuma dari tampilannya aja, tapi postingannya juga. Ide-ide mereka tuh yang bikin gue gak mau move on dari blognya. Nah, cara nyari Idenya itu yang setiap orang punya cara masing-masing untuk membuat postingan lebih menarik. Simple aja, kalo lo emang bukan seorang penulis(atau setidaknya belum bisa ngakui kalo sebenernya lo penulis) ya, lo bisa bikin postingan dari kisah keseharian lo. Kejadian-kejadian lucu yang pernah lo alami, kejadian sial, kejadian menyebalkan atau apapun yang buat diri lo asik bercerita di blog lo. Ide itu bisa dateng dari mana aja. Bisa dari ucapan teman, dari video youtube,  dari foto yang tidak jelas yang di jepret entah kapan, dan kapan saja. Saat experiment di lab sekolah, saat kebelet di pesawat, nah kalo gue biasain bawa alat tulis kemanapun gue pergi. Jadi kejadian-kejadian itu bisa di catet dalam note. Atau sekarang udah canggih, tinggal bawa Handphone aja, simple. Tidak harus berpetualang keliling dunia untuk mencari-cari hal yang bisa di tulis, tapi cukup membaca banyak informasi agar postingan blognya gak kayak pepesan kosong. Tapi kalo kebiasaan gue nyari ide saat gue sendiri dan tidak berbicara dengan siapapun, ide yang keren tau-tau bisa muncul di otak gue gitu aja(tapi emang jarang banget L) atau, gue biasa duduk di depan laptop membaca ulang cerita yang gue udah buat dan otomatis ide untuk melanjutkan cerita itu pasti menggerakan sepuluh jemari gue buat nulis. (heh, kok jadi curhat)

3. kolaborasi gambar.
Di dunia ini ada beberapa orang yang benci banget ngeliat sederet tulisan. Beberapa dari mereka bahkan bilang kalo baca tulisan doang bikin mata jadi jereng. Gue gak nyalahin mereka sih, tapi dari gue sendiri juga setuju sama pendapat mereka. Nah untuk menghindari hal itu coba lo bikin kolaborasi tulisan lo dengan gambar-gambar. Missal tulisan lo adalah tulisan galau yang bener-bener galau, ya jangan lo buat gambar kucing kawin, gak jodoh banget cari gambar yang sesuai dengan tema tulisan lo. Gampangnya sih tinggal nyari di google :p
Jadi tulisan lo gak ngebosenin.

4. tulisan lo adalah pribadi lo.
Gue sebut ini karena gue (sedikit) bisa memahami pribadi orang dari gaya dia bercerita lewat tulisan, bahkan misalkan gue baca cerita fiksi sekalipun, secara tidak langsung karakter si penulis akan kebaca sama pembaca lewat tokoh yang mereka ciptakan. Tapi, kalo nulis blog. Lo bebas mau nentuin cerita apa yang lo tulis di blog lo. Setiap orang punya keinginan yang beda-beda kan? Yap, maka itu, blog di ciptakan untuk kita yang ingin berexpressi lewat tulisan. Entah tulisannya Cuma sekedar kunci jawaban ujian nasional tahun 1945, atau mungkin rincian tunggakan kontrakan selama setahun. Itu bebas.
Misal lo adalah seorang pelajar, mungkin kebanyakan orang memakai kata “gue” sebagai tokoh utama di blog lo. Itu cukup asik. Buktinga gue lebih enjoy dengan kata “gue” selain “aku” atau “saya” walaupun gue tau untuk seorang perempuan gak bagus kan pake “gue” tapi itulah blog. Bebas bercerita. Kalo gue biasa ngomong ngalor ngidul pake bahasa gue? Kenapa harus sok-sok di perhalus? Gue lebih suka terlihat apa adanya. Ketimbang harus jadi orang lain Cuma untuk menarik perhatian pembaca. (curhat lagi)

5. pemblogger adalah seorang penulis yang hebat.
Kenapa gue bilang begitu? Jawabannya simple. Seorang pemblogger tidak perduli ada atau tidaknya royalti dari tulisan-tulisan yang dia buat. Tulisan yang dia tulis berdasarkan hal kesukaannya. Seorang penulis adalah orang yang harus bisa mengendalikan egonya demi menciptakan tulisan yang bagus, bertentangan dengan halaman kosong yang mereka harus isi dengan sejumlah paragraph di setiap lembarnya. Tapi seorang pemblogger tidak. Dia lebih berego. Dia tidak perduli seberapa banyak orang yang mengunjungi situs webnya. Seberapa banyak mata yang membaca tulisan-tulisannya. Dia hanya perduli dengan expressinya yang di tuangkan ke dalam bentuk tulisan yang bisa dia share ke banyak orang.

Mungkin itu aja yang bisa gue share disini, gue juga bingung kenapa blog ini tau-tau berubah jadi diksi, padahal gue suka banget sama fiksi, yaudah deh. Namanya juga gue, kadang emang suka gak bener sendiri, ini blog di buat Cuma buat coret-coretan. Hehehe, semoga bermanfaat ya. J
Cheers, ovie.

1 comment:

  1. asik banget ngebacanya, sampe lupa mau nanya apaan. emmmm biar tak pikir-pikir lagi, mau nanya apaan tadinya. heeemm?

    ReplyDelete