Sebelum menjadi kita, aku dan kamu adalah dua buah tanda tanya yang berusaha mencari jawaban dengan ke-mengertian, sampai pada akhirnya kita lelah, menyerah dan berhenti di sebuah titik, untuk saling berpegangan agar bisa meneruskan perjalanan.

Sunday, June 3, 2012

efek candu buku.


Mau curhat colongan tentang hobby gue yang kadang enggak lazim ini. Dasar ababill!!!
 Hehehe, guys. Sejak kelas 1 smp gue mulai suka baca buku. Entah kenapa saat itu mungkin gue butuh hal-hal yang bikin gue sibuk sama diri sendiri. Selain baca al-qur’an ibu lebih seneng ngeliat gue di anteng di rumah sambil belajar. Padahal gue sama sekali enggak hobby belajar. Gue orangnya cepet bosen. Sama hal yang itu-itu aja. Maklum anak labil. Akhirnya gue bikin keibukan dengan membaca. Ternyata membaca itu enggak menyeramkan seperti yang kita pikirkan lho. Om @arifmaulana06 bilang buku itu bisa di gaya-gayain. Enggak harus di liat dari depan tapi untuk foto bareng buku bisa narsis. Atau mungkin emang orangnya kelewat narsis? Tanyain aja deh.
  Dan membaca buku tidak Cuma bikin pinter dan berwawasan lho. Baca buku juga ada efek sampingnya.
  Sekarang, detik ini gue menggilai buku. Entah kenapa menurut gue buku itu adalah nasi yang harus gue konsumsi setiap hari. Gue cinta sama buku-buku yang gue beli. Entah itu beli di took buku bekas, minjem. Minta. Minjem kagak di balikin. Atau ngumpulin duit jajan buat beli buku. Kadang gue lebih ikhlas ngerelain duit gue buat beli buku di banding buat beli bakso. Sebenernya gue pengen beli bakso tapi nunggu jatah uang jajan gue meningkat *lho kok curhat*
  Buku yang gue beli selalu gue sampulin pake pelastik sampul putih yang transparan. Dan gue namain. Tujuan nya biar tetep awet dan kagak ilang. Gue bisa nangis semaleman kalo buku yang udah gue beli ilang. Apalagi harganya mahal banget.
  Oh iya. Tadi gue bilang kalo baca buku ini ada efeknya ya. Efek negatifnya buat gue adalah “candu” gue kayak pengguna narkotika gitu. Candu buku. Apalagi kalo ceritanya bagus. Keren dan menakjubkan. Kayak keempat bukunya kak aliazalea #metropop itu gue baca. Sumpah candu banget. Gue sampe enggak tidur deh. Apalagi inget tokoh yang di ciptakan kak alia itu sungguh keren. Ervin, revel, dan kafka bikin aku jatuh cinta sama tokoh2 itu. Lalu membaca twilight bikin aku juga enggak bisa tidur. Dan mungkin novel #sepatudahlan nya mas kris @1bichara juga bisa bikin aku tak bisa tidur deh. *curhat*
  Efek yang lain. Sewaktu gue duduk di kelas 2 sma. Gue lagi ujian pkn. Pelajaran yang menurut gue gampang. Gurunya juga selow. Waktu itu ujian pkn mendadak. Cuma di kasih waktu 10 menit buat belajar sebelum ujian harian itu di mulai. Gue belajar tuh. Cuma ngafal2 yang penting-penting aja. Gue emang gampang buat ngafalin sesuatu. Jadi gue ngejalanin ujian dengan selow. Soal yang di buat juga gampang2 gitu. Bukan ngeremehin pelajaran tapi emang otak gue bisa ngejawab semuanya.
  Selesai ngisi soal. Mungkin gue orang pertama yang selesai ngerjain soal ujian. Dari pada gue bengang-bengong dan di resein sama sebelah gue yang selalu menantikan contekan gratisan dari gue, apa salahnya gue baca novel lanjutan. Gue inget waktu itu novel nya kak esti kinasih. Jingga dan senja. Trilogy buku laris di pasaran. Ceritanya emang oke punya. Makanya gue enggak bisa lepas dari tu buku sampe ceritanya selesai.
  Minggu depannya. Pas pelajaran pkn lagi. Di umumin hasil ujiannya. Dan ternyata gue REMEDIAL! Iya remedial sodara-sodara. Gue enggak abis pikir kenapa gue bisa kayak gini? Apa yang gue jawab itu salah. Perasaan gue enggak! Gue di panggil maju kedepan sama temen gue yang ikut remedial juga. Gue di jewer. Guru gue bener2 marah. Entah kenapa gue masih bingung. Terus gue di keluarin dari kelas dan disuruh ngerjain soal ulang di koridor.
  Gue malu! Sumpah malu abis di gituin sama guru PKN. Dia yang gue kenal sabar dan dia adalah pembimbing karya ilmiah gue bisa galak begitu. Selesai ngerjain soal. Dan gue kembali bilang kalo soal itu gampang. Setelah itu gue balik ke dalam kelas membawa hasil kerjaan gue dengan wajah yang masih malu. Iya Malu lah. Jelas di kelas itu ada orang yang gue suka! Aduh. Setelah menyerahkan hasil kerjaan gue yang berupa remedial. Guru gue bilang. “lain kali kalo lagi ulangan atau jam pelajaran di larang membuka buku lain selain buku pelajaran” nah disitu gue baru ‘ngeh’ titik kesalaha gue. Baca novel pada saat ulangan harian. Itu menjadi boomerang buat gue.
  Terus gue mendapat teguran saat jam kantor dari atasan gue. Kalo gue enggak boleh baca buku di jam kantor. Dari beberapa kejadian yang gue alami. Gue berpikir. Candu buku itu bagus. Tapi liat sikon. Dimana kita harus menempatkan posisi membaca kita pada saat yang pas.

No comments:

Post a Comment